Rabu, 17 September 2014

Tentang Daerah Saya



Aku lahir di Gresik. Tepatnya di JL. KH. Zaini. Kalau di tempatku sih budayanya sangat kental dengan kekeluargaan. Apalagi kalau ada acara besar-besar gitu kayak maulid Nabi Muhammad,, pasti mereka saling ngasih-ngasih makanan gitu ke tetangga-tetangga. budaya ini sih tidak banayak di lakukan di daerah lain.


Makanan di daerah ku itu bonggolan. Bentuk makanan ini seperti  pempek lenjeran, lonjong  berwarna putih dibungkus daun dan berbau khas ikan. Biasanya dibuatkan kuah tauco seperti kuah pempek atau dimakan dengan bumbu kacang. Dapat juga diiris tipis-tipis dan dijemur sampai kering, nah jadi kerupuk mentah yang siap digoreng.
Warga pesisiran di Gresik utara menamakan makanan ini bonggolan.  Entah siapa yang menamai dan kenapa menggunakan nama itu? (aku sendiri bingung) nama ini sudah familier di telinga warga setempat.  Rasanya yang gurih dan kenyal membuat semua golongan usia sangat menggemari.
Menurut saya, proses pembuatan bonggolan tidaklah rumit tetapi butuh kesabaran.  Bahan yang diperlukan adalah ikan mentah, tepung kanji, bawang putih,  garam, penyedap rasa jika suka dan air panas.
Jenis ikannya terserah yang penting banyak dagingnya.  Seperti Ikan Tengiri, kakap, udang atau yang lain bisa digunakan. Proses pembuatannya sangat mudah, dan nggak perlu aku jelasin disini, kalian bisa browsing sendiri.

Kalau ciri khas di daerah ku yaa.. apa yaa.. aku lupa hehehe. Seingetku sih orangnya sangat pekerja pekerja keras. Orangnya juga ramah-ramah. Kalau gak percaya datang aja ke rumahku :D Disana tuh asyik suasananya. Gak kayak di perkotaan bising. jadi pengen pulkam nih, kangen rumah  Haha 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar